Sunday, January 27, 2013

Odex and Deodex Rom

Apa itu odex dan deodex?

Mungkin banyak yang bertanya tentang,
Apa itu odex dan deodex?
Apa perbedaan odex dan deodex?
Apa saat ini saya menggunakan rom odex atau deodex?

Akan saya jelaskan secara sederhana apa yang dimaksud dengan odex dan deodex.
Aplikasi android pada umumnya mempunyai ekstensi .apk. File .apk ini sebagian mempunyai odex yang bertujuan untuk menghemat data. File-file odex sebenarnya berisi kode khusus yang berfungsi mempercepat atau mengoptimalkan proses booting. Dengan kata lain, dengan adanya file odex proses booting akan lebih cepat.

File .dex
File .dex pada dasarnya adalah file yang sudah dikompile menjadi file aplikasi yang digunakan oleh Dalvik VM.

File .odex
File .odex adalah file .dex yang sudah dioptimalisasi atau sudah mengalami pre-compile untuk kemudian dijalankan di firmware tertentu saja.

File deodex
Deodex adalah proses mengembalikan kembali file .odex menjadi file .dex. Proses ini akan mengambil cache ODEX kemudian menyusun kembali menjadi file APK saja. Dengan Deodex memungkinkan proses pengeditan APK file menjadi lebih mudah.

Singkatnya adalah proses pengepakan kembali APK dengan ODEX dengan cara tertentu. Proses pengepakan ini akan menjadi file dengan CLASSES.DEX. Dengan melakukan DeOdexing, semua paket dari APK yang sebelumnya terpisah di satukan kembali di satu file APK, sehingga menghilangkan kecemasan bahwa APK yang dimodifikasi akan konflik dengan beberapa file ODEX.

Rom Deodex, akan mempunyai ruang bebas lebih banyak, daripada Rom Odex. Karena file .odex sudah dipaket kembali menjadi satu dalam file .apk

Kesimpulannya beda odex dan deodex.
Deodex tuh aplikasi yang ada di odex dikemas ulang, kode kode dalvik cache nya di kembalikan lagi ke tiap aplikasi, sedangkan di odex kode kode itu terpisah dari aplikasi.

Keuntungannya odex adalah ketika proses booting akan lebih cepat dari pada deodex.
Kelemahannya odex adalah lebih sulit untuk dimodifikasi aplikasinya, karena di odex harus menyambungkan beberapa code script ke code script lainnya. Sedangkan di deodex, aplikasi sudah menjadi satu file apk.

Cara mengetahui suatu rom odex apa deodex:
Cara mengetahuinya gampang saja, cukup masuk ke /system/app/ menggunakan file explorer, lalu lihat disitu ada file dengan extension *.odex atau tidak, jika ada maka rom itu bukan deodex.
Atau sebaliknya.

Adapun cara untuk menjadikan deodex rom bisa dibaca di artikel ini - deodex rom

No comments:

Post a Comment